August 19, 2015

Bunga 3 Dimensi dari Kertas

APE dari kertas --Cara membuat mainan anak Bunga 3 Dimensi dari Kertas sendiri menggunakan bahan bekas di sekitar kita beserta gambarnya. Mainan dari kertas ini adalah mainan edukatif anak atau diistilahkan dengan APE PAUD secara khusus dirancang untuk membuat anak berkembang.

Orang tua maupun pendidik PAUD dapat membuat mainan yang aman untuk anak-anak dengan mudah menggunakan bahan dan langkah-langkah membuat mainan untuk anak PAUD berikut ini :

Cara Membuat Bunga 3 Dimensi dari Kertas

Mainan Anak, APE PAUD Sederhana membuat bunga 3D dari kertas anak PAUD (TK KB TPA SPS) dapat dimainkan sebagai mainan APE PAUD yang edukatif, bahan pembuatnya terdiri dari :
  • Kertas warna (minimal 4 warna: untuk background, tangan, batang dan daun, bunga)
  • Kancing
  • Lem kertas
  • Gunting
  • Pensil

Langkah-Langkah Membuat Bunga 3 Dimensi dari Kertas Untuk Anak

Gambarlah telapak tangan bunda atau anak menggunakan secara melingkar menggunakan pencil, lalu gunting sesuai pola telapak tangan.

Rekatkan telapak tangan yang sudah jadi pada sebuah kertas di bagian pojok kiri bawah, bagian jarinya tidak usah di lem dahulu karena akan dilipat nantinya. (lihat gambar)

Selanjutnya membuat batang dan daun bunga. Gunakan kertas yang lebih tebal agar batangnya memberikan kesan tegas. Gunting memanjang saja kira-kira sebanyak 4 atau 5 batang

Lakukan hal yang sama untuk membuat daun bunga.

Ambil kertas yang akan digunakan untuk bunga, ukur persegi kecil seukuran bunga dan lipatlah kertas menjadi 2 dan lipat lagi menjadi 2. Gunting-gunting sehingga menjadi bunga jika lipatannya dikembalikan.

Selesai sekarang tahap merangkai bunga 3D dari kertas ini. Susun batang dan daun bunga seperti gambar. Lalu lekatkan tangan agar terlihat seperti menggenggam.

Letakkan bunga diujung batang bunga, dan berikan sebuah kancing di tengah bunga.

Tambahan : bunda dapat membingkai hasil karya ini dengan cara Membuat Bingkai Frame Foto dari Karton
Membuat APE Bunga 3 Dimensi dari Kertas bunga dari kertas bunga dari kertas crepe bunga dari kertas tisu bunga dari kertas origami bunga dari kertas koran bunga dari kertas warna bunga dari kertas bekas bunga dari kertas krep bunga dari kertas a4 bunga dari kertas lipat bunga dari kertas jagung bunga dari kertas hvs bunga dari kertas minyak bunga dari kertas kado bunga dari kertas jepang bunga dari kertas surat khabar bunga dari kertas crep bunga dari kertas manila bunga kertas dari uang membuat bunga dari kertas krep bunga kertas a4 bunga kertas adalah cara buat bunga dari kertas a4 cara membuat bunga dari kertas a4 aneka bunga dari kertas krep cara buat bunga ros dari kertas a4 artikel membuat bunga dari kertas cara membuat aneka bunga dari kertas membuat bunga anggrek dari kertas cara membuat bunga dari kertas asturo aneka bunga dari kertas bunga anggrek dari kertas krep

Mendidik anak harus dilakukan sejak dini terutama pada masa keemasan usia anak 0-6 tahun (golden age). Metode pendidikan bagi anak adalah yang dilakukan sambil bermain, sehingga bunda juga ayah pendidik PAUD atau orang tua dianjurkan memberikan permainan anak yang bisa: (1) mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halus anak; (2) mengasah imajinasi serta kreatifitas anak; (3) mengembangkan daya fikir anak; dan (4) melatih konsentrasi dan kesabaran. Dan yang tidak kalah penting adalah mainan harus terbuat dari bahan yang AMAN (non-toxic).

Gambar diatas adalah contoh mainan dari kertas yang bernama Bunga 3 Dimensi dari Kertas - Mainan Anak, APE PAUD Sederhana buatan sendiri. Silahkan bunda kreasikan sendiri mainan anak ini lebih kreatif dan lebih menarik lagi. Selamat mencoba bunda, sukses!

Pendidik PAUD dan orang tua perlu mengetahui bahwa aktivitas membuat mainan sendiri bagi anak dapat mengasah daya kreativitas anak sejak dini. Tidak perlu mahal-mahal untuk membuat mainan edukatif untuk anak PAUD, contohnya seperti Bunga 3 Dimensi dari Kertas untuk mainan anak yang edukatif ini. Bunda bisa membuat mainan dari barang tidak terpakai menjadi lebih bermanfaat dan tentunya ramah lingkungan karena mengurangi limbah bagi alam sekitar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bunga 3 Dimensi dari Kertas